Today Exchange Rate: analiskeuangan.blogspot.com

GOLD, SILVER, PLATINUM, PALLADIUM- (current bid, $ change, high, low)

Tuesday

Tips Investasi Emas Bagi Pemula (Bagian 2)

Sambungan dari Bagian 1

Bagi Anda yang baru mulai mencoba berinvestasi di instrumen logam mulia atau emas, berikut beberapa tips yang harus dilakukan supaya Anda dapat memperoleh hasil memuaskan dari investasi ini.

1. Pilih investasi Logam Mulia
Apabila ingin berinvestasi di instrumen emas, maka sebaiknya Anda memilih investasi pada Logam Mulia (LM) dibandingkan dengan investasi emas perhiasan. Harga LM relatif lebih stabil dan pada saat membeli tidak akan dikenakan biaya-biaya tambahan seperti biaya pembuatan untuk emas perhiasan. Pada saat LM tersebut akan dijual, maka harganya juga cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan emas perhiasan.

2. Belilah LM ukuran besar
Apabila akan berinvestasi pada LM, maka usahakanlah untuk membeli LM dengan ukuran yang besar misalkan 100 gram. Janganlah membeli LM dalam ukuran-ukuran kecil, misalnya 5 gram, 10 gram, 25 gram. Karena semakin kecil ukuran LM maka harga beli per gramnya juga semakin mahal. Selisih harga per gram antara LM ukuran 5 gram dengan ukuran 100 gram dapat mencapai Rp 35.000.

3. Saat Jual atau Beli
Untuk memperoleh keuntungan besar dari bermain investasi emas, maka trik yang harus dilakukan adalah dengan segera membeli emas ketika harga emas turun dan segera melakukan penjualan ketika harga emas turun. Namun sebaiknya amati dahulu pergerakan naik turunnya emas dalam jangka waktu lebih lama. Apabila membutuhkan uang secara mendadak, namun harga emas sedang tidak menguntungkan untuk kita jual, maka sebaiknya gadaikan saja emas tersebut di pegadaian.

4. Penyimpanan LM
Sebaiknya simpanlah LM di Safe Deposit Box (SDB) di bank pemerintah, karena lebih aman. Biaya penyimpanannya juga relatif terjangkau, yaitu tidak melebihi Rp 250.000 per tahun.

No comments:

Post a Comment