Today Exchange Rate: analiskeuangan.blogspot.com

GOLD, SILVER, PLATINUM, PALLADIUM- (current bid, $ change, high, low)

Tuesday

Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Saat ini emas merupakan salah satu investasi yang memberikan hasil yang terbaik dibandingkan dengan investasi lainnya. Walaupun kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia yang juga naik cukup signifikan, yang menjadi indikator bahwa investasi dalam bentuk saham juga memberikan hasil yang cukup baik, namun karena kondisi ekonomi dunia yang masih belum menentu sehingga IHSG masih cenderung terkoreksi akibat kondisi pasar bursa di dunia yang cukup berpengaruh terhadap Bursa Efek Indonesia. Sehingga untuk berinvestasi dalam bentuk saham cukuplah berisiko dalam kondisi ekonomi dunia saat ini yang tidak pasti.

Bagi Anda yang memiliki kelebihan uang dan sedang mencari sarana untuk melakukan investasi, namun tidak memiliki pengetahuan khusus dalam menganalisis kondisi pasar yang akan berimbas kepada alat investasi kita, maka pilihan yang paling tepat saat ini adalah berinvestasi pada sarana yang paling aman. Saat ini pilihan yang paling tepat adalah berinvestasi di emas. Sepanjang sejarah, harga emas tidak pernah turun. Walaupun tingkat return on investment (ROI) pada emas, selama ini tidaklah tinggi dibandingkan dengan investasi dalam bentuk lainnya, namun investasi di emas cukup aman karena dalam sejarahnya harga emas tidak pernah turun secara permanen. Penurunan emas hanya terjadi akibat pergerakan fluktuatif yang bersifat sementara dan dalam jangka panjang harga emas pasti akan bergerak naik terus.

Sebagai perbandingan, berikut penulis sajikan pergerakan harga emas selama tahun 2011 di pasar Indonesia. Pada tanggal 7 Maret 2011 harga jual Logam Mulia adalah Rp 457.000 per gram dengan harga belinya adalah Rp 398.000 per gram. Namun harga logam mulia telah naik cukup tinggi sehingga harga jual pada tanggal 23 Agustus 2011 telah mencapai Rp 576.000 per gram dan harga belinya adalah Rp 519.000 per gram. Walaupun pada hari ini, harga logam mulia mengalami sedikit penurunan akibat kondisi ekonomi di Amerika yang mendapatkan sentiment positif karena adanya hasil survey yang menyatakan Amerika Serikat tidak sedang mengalami resesi. Harga jual Logam Mulia hari ini adalah Rp 558.000 per gram dengan harga beli adalah Rp 501.000 per gram. Namun penulis yakin bahwa penurunan harga logam mulia pada hari ini hanyalah bersifat sementara, apalagi dengan kondisi ekonomi dunia (Amerika dan Eropa) yang masih belum ada tanda-tanda mengalami perbaikan.
Dari data tersebut di atas dapat kita lihat bahwa hanya dalam tempo 170 hari harga jual logam mulia telah mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar Rp 101.000 atau sebesar 22,10%.

Apabila kita mencoba menghitung nilai real dari hasil investasi di logam mulia, pada saat beli tanggal 7 Maret 2011 harga emas adalah Rp 457.000 per gram (spot harga jual). Kemudian kita jual pada tanggal 24 Agustus 2011 pada harga Rp 501.000 per gram (spot harga beli), maka keuntungan dari investasi logam mulia selama 170 hari adalah sebesar Rp 44.000 (sebesar 9,63%). Ini adalah perhitungan keuntungan paling minimum yang dapat dicapai, namun hasilnya sudah cukup maksimal. Apabila Anda ingin meningkatkan keuntungan ini, maka ada beberapa tips yang dapat diterapkan, khususnya bagi para investor yang baru mulai bermain investasi di logam mulia. Tips-tipsnya akan penulis uraikan pada artikel berikutnya.

Bersambung ke bagian 2

2 comments:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Analisa Investasi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2064/1/Artikel_10205041.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Disarankan belilah emas dalam bentuk logam mulia batangan, karena jauh lebih menguntungkan karena tidak dikenakan biaya pembuatan, untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang artikel lainnya untuk investasi dan keuangan lainnya, silakan mampir yaa klik

    ReplyDelete