Today Exchange Rate: analiskeuangan.blogspot.com

GOLD, SILVER, PLATINUM, PALLADIUM- (current bid, $ change, high, low)


Thursday

Analisis Pergerakan Harga LM di Bulan September 2012

Setelah setengah tahun (sejak 6 Maret 2012) harga LM bergerak cenderung menurun dan tidak pernah lagi dapat menembus harga US $ 1,700 per troy ounce, akhirnya pada akhir pekan lalu harga LM kembali menembus angka US $ 1,700 per troy ounce. Kenaikan harga emas di akhir pekan lalu ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan atau penurunan harga LM di bulan September 2012 ini antara lain adalah:
-Keputusan Mahkamah Konsititusi Jerman mengenai aktivasi lembaga "bailout" permanen Eropa (ESM-European Stability Mechanism) pada 12 September 2012. Jika keputusan ini menghasilkan keputusan negatif, maka berpotensi membuat harga LM melemah. Namun jika hasilnya adalah positif, maka berpotensi menyebabkan harga LM naik lagi.
-keputusan rapat moneter US Federal Reserve di mana pasar akan menantikan apakah Fed akan mengeluarkan QE3 atau tidak pada 13 September 2012. Jika keputusan ini menghasilkan keputusan negatif, maka berpotensi membuat harga LM melemah. Namun jika hasilnya adalah positif, maka berpotensi menyebabkan harga LM naik lagi.
-data tenaga kerja AS (US Non-farm Payrolls) yang mengecewakan sehingga membuka peluang untuk diluncurkannya stimulus ekonomi oleh Bank Sentra Amerika (The Fed). Faktor ini menyebabkan harga LM naik.
-laporan mengenai rencana belanja infrastruktur di China juga menyebabkan harga LM dan logam lainnya seperti tembaga dan perak naik.
-Tindakan Presiden European Central Bank Mario Draghi dalam menjabarkan rencana pembelian obligasi negara-negara zona euro yang terbelit utang juga menjadi penyebab kenaikan harga LM.

Pada hari Jumat (7 September 2012) lalu, harga LM ditutup pada harga US $ 1,728 per troy ounce.

No comments:

Post a Comment