Today Exchange Rate: analiskeuangan.blogspot.com

GOLD, SILVER, PLATINUM, PALLADIUM- (current bid, $ change, high, low)

Tuesday

Harga Emas Diprediksi Tembus US $ 2,500 Di Akhir 2011

Jakarta, 11 Agustus 2011

Beberapa minggu terakhir ini, harga emas cenderung bergerak naik. Bahkan dalam beberapa hari terakhir kenaikan harga emas cukup luar biasa. Pada tanggal 1 Juli 2011, harga emas di Pasar New York masih ditutup pada harga US $ 1,483.00 per troy ounce (31,1 gram). Pada akhir bulan Juli 2011 harga emas sudah menyentuh angka US $ 1,628.50 per troy ounce. Dan pada saat tulisan ini dibuat, harga emas sudah bertengger di angka US $ 1,795.40 per troy ounce. Berarti dalam tempo hanya 42 hari, harga emas telah naik hingga US $ 312.40 per troy ounce atau sebesar 21,07%. Ini merupakan kenaikan harga emas tertinggi sepanjang sejarah.

Kenaikan harga emas ini dipicu berbagai faktor dan salah satu faktor utama yang menyebabkan harga emas naik cukup signifikan adalah akibat diturunkannya peringkat hutang Amerika Serikat oleh Lembaga Pemeringkat Hutang Standard & Poor's (S&P) dari peringkat sebelumnya AAA menjadi turun 1 peringkat menjadi AA+. Di samping itu, krisis ekonomi yang juga menghantam daratan Eropa juga menjadi penyebab meningkatnya harga emas karena para investor beralih ke investasi emas yang merupakan investasi yang paling aman dan universal.

Harga emas diprediksikan akan terus meningkat, bahkan dapat berdasarkan prediksi Bank investasi JPMorgan Selasa (9/8/2011) memperkirakan harga emas spot akan terus naik dan dapat mencapai US $ 2,500 per troy ounce pada akhir tahun 2011 ini. Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat ini tengah merencanakan untuk berinvestasi, maka tidak ada salahnya apabila melakukan diversifikasi investasi ke dalam bentuk emas (logam mulia).

Sumber: kompas, Reuters

No comments:

Post a Comment